Sabtu, 23 Maret 2013

Kurang Tidur Rentan Mati Muda

    Jangan meremehkan mencukupkan waktu tidur dimalam hari dibanding harus begadang semalaman. Meskipun kamu sekarang ini masih muda, memperhatikan kecukupan waktu tidur bermanfaat. untuk memberikan kesehatan yang lebih prima saat menginjak usia tua nanti. Banyak manfaat etika kamu bisa tidur minimal enam jam setiap malam. Seperti dikutip dari Huffington Post, tidur yang sangat kurang, bisa menimbulkan berbagai masalah diantaranya :
  1. Meningkatkan resiko terserang stroke. faktor pencetus beragam. salah satunya menurut study ditahun 2012, kemudian stroke bisa dipicu dari sedikitnya waktu tidur seseorang. Orang yang punya waktu tidur kurang dari enam jam dalatm semalam, empat kali lebih mungkin mengalami gejala stroke.
  2. Menngkatkan resiko obeitas, menurut 18 study ditahun 2012 yang menyoroti hubungan nafsu makan dengan tidur disebutkan, tidur yang cukup membuat produksi hormon yang mengatur nafsu makan bekerja dengan seimbang. Saat kurang tidur, produksi hormon ini meningkat dan membuat kamulebih sering lapar.
  3. Lebih beresiko terkena diabetes. orang yang kurang tidur lebih mungkin tubuhnya mengalami resistensi insulin, yaitu kondisi yang membuat insulin tidak mampu lagi mengatasi gula darah.
  4. Mengganggu kemampuan untuk mengingat dan berkonsentrasi. Kurang tidur bisa menyebabkan masalah kognitif secara permanen. seseorang juga lebih muda menjadi pelupa dan sulit fokus untuk melakukan pekerjaan
  5. Mengalami masalah tulang. kurang tidur dalam jangka panjang berkontribusi pada menurunnya kepadatan tulang dan sumsum tulang yang berakibat pada munculnya osteoporosis.
  6. Lebih mungkin untuk mengalami kanker. Studi di tahun 2010 menemukan dari 1240 rang yang mengalami kanker kolorektal, 338 diantaranya punya jam tidur rata-rata kurang dari enam jam setiap malamnya. selain itu tidur malam kurang dari enam jam setiap malamnya. selain itu, tidur malam kurang dari enam jam juga dikaitkan dengan kekambuhan pada pasien kanker payudara. Alhasil, cukup tidur dimungkinkan menjadi salah satu terapi untuk penyembuhan kanker
  7. Meningkatkan resiko serangan jantung. stres dan kurang tidur menyebabkan tubuh memproduksi senyawa kimia atau hormon yang memicu penyakit jantung. tidur malam kurang dari enam jam setiap hari, 48% lebih mungkin untuk mengalami atau meninggal karena serangan jantung.
  8. Beresiko tinggi mengalami kematian lebih dini. studi ditahun 2010 menyebutkan, cowok yang tidur kurang dari enam jam setiap hari, empat kali lebih mungkin untuk meninggal lebih cepat dalam periode 14 tahun. dan peneliti mengatakan kalau ini adalah resiko yang seringkali diremehkan.

(2bek/berbagaisumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar