Rabu, 11 Maret 2015

give me BIDANG PENELITIAN

targetnya bulan september ini harus kudu wajib wisuda gak mau tau apapun alasannya bulan september itu udah harus pakek toga (Aamiin). awalnya sih udah pede banget kalau bulan september bakalan wisuda tapi ada aja hal-hal yang bikin semua kepede-an serta keyakinan hilang, sirna, hancur berkeping-keping tak berbekas hadeeehhh... ini semua gara-gara satu hal yang penting yang sampe sekarang belum juga ada kepastian kapan itu si itu bakal dibagiin kemahasiswa..
si ituitu itu namanya "Bidang Penelitian" hemmm..

aku kan kuliah jurusan farmasi dan sekarang udah semester AKHIR oh oh oh..
jadi syarat buat jadi sarjana farmasi harus kudu wajib banget nyelesain tugas akhir yaitu buat skripsi tapi sebelum buat skripsi kita nih si calon S.Farm harus melewati berbagai macam rentetan kegiatan yang harus dilakukan yang pertama nih yah kita harus nentuin bidang peminatan atau bidang apa yang akan kita lakukan penelitian...
pemilihan bidang pemintan itu udah pas sebelum UAS semester 7, jadi setiap mahasiswa itu punya hak untuk memilih 3 bidang yang mereka suka kalau aku nih ya kemaren bidang yang aku pilih
pilihan 1 Mikrobiologi, pilihan 2 Teknologi Farmasi nah yang ke 3 Farmakologi terus nanti tetep walau kita sudah milih tetep dosen yang berhak nentuin bidang apa yang bakal kita dapetin.
terus kalo bidang penelitian sama dosen pembimbing udah ditentuin kan enak tuh kita udah mulai ancang-ancang dan siap sedia untuk ngerjain yang namanya proposal penelitian.

proposal penelitian ini bisa dibilang emm kayak rencana penelitian kita, metode yang kita pakek apa terus bahan,alat-alat, cara kerja sampe tinjauan pustaka dari sampel yang akan kita gunakan juga ditulis diproposal tsb. terus kalo proposal udah kelar nih yah udh dapet ACC dari dosen pembimbing kita bisa lanjut ketahap selanjutnya yaitu SEMINAR PROPOSAL.

Seminar proposal ini kita itu presentasi tentang proposal penelitian yang udah kita buat. presentasinya sendiri, presentasinya dihadapan 4 para penguji yang udah ahli dibidangnya hemm mesti hati-hati nih karena para penguji bakal nanya sama kita pertanyaannya yh seputar proposal terus kadang ada penguji yang suka kasih msukan saran dan komentar tentang proposal kita terus belum lagi adik-adik tingkat dan temen2 seperjuangan yang nonton dan hadir diruang seminar hem bisa kebayang gk tu gimna degdegannya. terus kalo seminar proposal ini lulus kita boleh lanjut ketahap selanjutnya yaitu PENELITIAN.

PENELITIAN itu yanh kita melakukan uji coba sesuai dengan bidang kita masing-masing. misalnya nih ya kalo seandainya aku dapet bidang penelitian mikrobiologi (Aamiin) sampelnya tuh misal jahe dilakukan pengujian aktivitas antimikroba dari jahe tsb terhadap bakteri E.Coly atau apalah itu namanya. penelitian ini yah tergantung kita kalo kita gesit, cekatan bisa cepet krng lebih 1 bulan kali yah... terus kalo penelitian ini udah selesai kita nerusin deh skripsi kita kan tadi udah ada 3 bab dari proposal penelitian yang udah diketik terus hasil dan pembahasan ada di bab 4 sam bab 5 kesimpulan
kalo ini udah selesai langsung deh kita lanjut ke SEMINAR HASIL

SEMINAR HASIL ini kita presentasi lagi sama kayak seminar proposal tapi kalo diseminar hasil yang kita presentasiakn hasil dari penelitian kita. tetep ada 4 penguji yang selalu siap mantengin kta, nanyain kita, ngasih komentar kritik saran dan sebagainyalah.. klo tahap ini udah selesai dan dinyatakan LULUS (Aamiin) kita lanjut deh ketahap yang terakhir SIDANG KOMPREHENSIF

SIDANG KOMPREHENSIF alias SIDANG SARJANA nah ini tahap akhir dari perjalanan seorang mahasiswa farmasi... sidang sarjana kuliah kita selama 4 tahun diputuskan disini lulus apa gaknya ibaratkan Ujian Nasional tapi sidang sarjana lebih MENAKUTKAN BANGET BANGET...
disini tetep ada 6 penguji, 4 penguji itu 4 penguji yang nguji kita pas seminar proposal sama seminar hasil nah 2 penguji lagi itu dosen pembimbing kita. nah didalam ruang sidang aku gak tau sih ngapain didalam ruangan itu soalnya aku belum pernah masuk soalny aku belum pernah sidang sarjana dan sebentar lagi aku bakal ngerasain gimana rasa degdegannya ada diruangan tsb..
klo menurut cerita dari kakak-kakak tingkat disana seperti biasa 6 penguji tsb nanya sama kita seputar skrispi ada juga yang menyimpang kadang juga nanya mata kuliah dasar yang kita pelajarin pas semester-semester awal yang mungkin kadang kita udah lupa dan udanh gak inget lagi sama mata kuliah yang itu hadeeehhh.... kurang lebih 1jam lah kita diruang sidang yaudah kalo LULUS (Aamiin) berarti tandanya kita bisa YUDISIUM 

Yudisium itu kayak pengesahan gitu deh kalo kita udah resmi jadi Sarjana Farmasi (S.Farm) rasanya belum pernah ngerasain tapi yang pasti rasanya pastis seneng bangeeeettt yaiyalah orang udah lulus kok... heheheheh (gak sabar lagiiii pengen ke tahap ini)
terus abis yudisium ada 1 tahap lagi yang bikin seneng yaitu WISUDA

WISUDA udah taulah yah pasti kita pakek baju toga terus ada orang tua,kakak adek, nenek kakek terus pendamping wisuda alias pacar (jika ada) bisa dateng untuk menyaksikan orang2 kesayangan pakek baju toga dan resmi udah jadi sarjana pasti seneng bangeeeeetttttt (gak sabar lagiii sumpah)

tapi sekarang yang jadi masalah adalah bidang penelitian kita sampe hari ini belum juga diumumin
kan kita para mahasiswa semester akhir jadi pada galau, luntang lantung gak jelas gak ada kerjaan buang-buang waktu aja... ayo dong dosen dosen ku tercinta plisss banget umumin bidang penelitiannya... udh gak sabar lagi mau pakek toga nih udah kebelet pengen nyelesain S1 terus lanjut kuliah apoteker (Aamiinnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar