Senin, 26 Desember 2016

All About PKPA

Dipostingan sebelumnya aku ada bilang PKPA PKPA PKPA.
mungkin readers2 belom tau apa itu PKPA..
PKPA itu bukan makanan, bukan inisial pacar baru juga hohohoh
PKPA itu Praktek Kerja Profesi Apoteker yah kayak magang gitu lah

jadi 4 bulan yang lalu aku udah menyelesaikan salah satu praktek yang menjadi syarat kelulusan kuliah profesiku... nah jadi kemaren aku PKPA di 2 instansi kesehatan yaitu rumah sakit dan apotek.
alhamdulillah tempat PKPA ku semuanya dikota jogja jadi aku gak perlu repot-repot untuk pindah kos atau packing2 buat keluar kota (lucky girl).. dan yang paling penting tempat PKPA ku duaduanya bisa dijangkau dengan Trans Jogja tau sendirilah yah saya itu gak bisa bawa motor (sediih).
baiklah, kita mulai dengan cerita yang pertama eng ing eng huhuhuuh

1.Rumah Sakit
jadi aku kemaren PKPA di Rumah Sakit PKU Muhammdiyah Yogyakarta, mulai dari 1 Agustus 2016 s/d 30 September 2016 yah kurang lebih 2 bulan aku main2 di PKU.
disana aku banyak banget dapet pengalaman, ilmu dan juga teman-teman baru dari berbagai universitas, berbagai kota dan berbagai sifat tentunya.jadi yang PKPA di RS PKU itu ada 6 Universitas yaitu UAD, UII, USB, UMP, UMS, dan STIFAR Semarang. dari 6 universitas itu kita dibagi 6 kelompok 1 kelompok anggotanya 1wakil dari masing2 univ 1 kelompok anggotanya 3-4 org. aku kemaren dapet kelompok F anggotanya 3 org cewek-cewek kurus, strong banget dan cantik pastinya hahhahahha.
gak percaya ini buktinya
 
(aku, meli, ayu)

jadi, kita dibagi perstase tiap stase itu ada tugas sama laporannya 1 stase itu 1 minggu semuanya ada 6 stase
hari pertama itu kita pembekalan dulu 1 minggu pembekalannya kayak kuliah ada pretest nya juga dan ada tugasnya biasalah PKU itu gak jauh2 dari tugas. Jadi pas seminggu pembekalan ada tugas kesesuaian formularium rumah sakit terhadap resep rawat jalan dan rawat inap bulan april-juni 2016. kita disuruh ambil sampel 100 resep rawat jalan sama rawat inap kebetulan kemare aku dapet resep rawat inap bulan juni 2016 seru sih tugasnya kita nyari 1 1 obat msk formularium apa gak sakit mata coyyy tapi alhamdulillah selesai 2 hari doang wkwkkw

terus stase ke-2 aku dirawat inap stase UDD, Rekonsiliasi dan Handling Sitostatika
pusing2 deh kalian bacanya hahahaha
stase ini seruuuuu banget, aku suka...
UDD itu singkatan dari Unit Dose Dispensing jadi kita nyiapin obat untuk pasien untuk 1 kali minum nah kalo diPKU UDD dikombinasi sama ODD  apalagi itu fat ? hahhaa
jadi ODD itu one daily dose dosis untuk 1 hari...
ribet yah bahasaku maklum aku gak pandai jelasin mangkanya aku gak cocok jadi guru
Anak2 PKPA bantuin mbak mbak farmasi buat nyiapin UDD untuk pasien di bangsal obat yang disiapin itu untuk 1 hari pagi, siang, sore, malem, pagi sm siang besoknya. jadi obat yang minumnya sama misal sama2 pagi dijadiin satu bungkus. UDD ini direkomendasiin banget karena dapat mencegah terjadinya kesalahan pemberian obat dan meningkatkan kepatuhan pasien dalam minum obat dan juga hemat pasien hanya bayar obat yang dia minum aja.

Rekonsiliasi
nah ini, aku suka banget kenapa? soalnya ini langsung visit kepasien keliling bangsal deh
rekonsiliasi itu kayak bandingin gitu obat yang sebelumnya dikonsumsi pasien sama obat yang diberikan dirumah sakit tujuannya untuk apa untuk mencegah terjadinya duplikasi obat dan interaksi obat.
nah , kita rekonnya kepasien yang baru dirawat di RS maksimal 2x 24 jam (ini aku posting blog nyambil belajar yah hhaahah). alurnya kita liat pasien baru catat namanya terus liat nomor kamar sama no bed nya liat atau tanya sama perawat dimasing2 bangsal. terus kita wawancara langsung ke pasien obat apa aja yang dikonsumsi sebelum msk rumah sakit, ada alergi obat gak, suka banget berasa kayak apoteker beneran padahal mahasiswa magang wkwkwkwk.
respon dari pasien macem2 ada yang inget ada yang lupa kebanyakan lupa sih. bagian yang disukai dari visit itu pas perkenalan awalnya kepasien "Selamat pagi ibu/bapak, mohon maaf mengganggu sebentar perkenalkan saya Fathia apoteker muda yang sedang praktek di sini" uhuuuyyy Apoteker Muda

handling sitostatika
nah ini, bahaya tapi seru pengalaman pertama bantuin proses pencampuran obat kanker
bahaya banget kalo gak pakek APD. Obat kanker/kemoterapi semuanya racun jadi bener2 harus hati2
disini aku ngamati proses pencampuran, bantuin juga sih. kemaren itu obat sitos yang kita siapin untuk kanker payudara. awalnya masuk ke ruang sitostatika cuci tangan terus pakek APD lengkap kayak gini nih.
 
(sama mbak salsa petugas handling sitostatika)

baru 1 stase loh aku ceritain masih ada 5 stase lagi
ngutang cerita dulu yah,
bye bye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar